InvesYuk

Emas Spot Lampaui US$ 2.400, Rekor Harga Penutupan Tertinggi

Emas Spot Lampaui US$ 2.400, Rekor Harga Penutupan Tertinggi

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia mengakhiri pekan ini di level penutupan tertinggi sepanjang masa. Aset safe haven naik 2,32% sepekan ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (17/5), harga emas melompat 1,6% dibandingkan hari sebelumnya ke level US$ 2.415,22 per troi ons. Dengan kenaikan sepekan ini, harganya terakumulasi naik 17% pada tahun ini.

Emas menuju puncak harga tertinggi intraday yang ditorehkan pada April lalu, ketika menyentuh US$ 2.431,29 per troi ons.

Kenaikan harga emas terdongkrak oleh langkah stimulus China dan harapan penurunan suku bunga AS. Emas bergerak lebih tinggi meskipun dollar dan imbal hasil (yield) US Treasury meningkat.

"Saya pikir dalam hal ini, stimulus China telah membantu, karena kita juga melihat logam dasar lainnya berkinerja sangat baik," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Sekuritas, melansir Reuters, Jumat (18/5).

Baca Juga: Harga Emas Spot Berpotensi Jauhi Level Tertinggi

Pasar terangkat setelah Tiongkok, konsumen utama logam industri dan emas, mengumumkan langkah-langkah bersejarah untuk menstabilkan sektor properti yang terkena krisis.

Selain itu, menurut Melek, pada akhirnya emas merespons gagasan bahwa inflasi AS mungkin terkendali. Pembicaraan apa pun mengenai suku bunga tinggi yang berkepanjangan akan dimitigasi.

Para pedagang kini memperkirakan pemotongan suku bunga The Fed sebesar 50 basis poin pada tahun ini, dengan bulan November sebagai titik awal yang paling memungkinkan.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. 

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 11.000 per Gram Hari Ini, Jumat 17 Mei 2024

Di dalam negeri, harga emas fisik Antam merespons kenaikan harga emas spot kemarin. Mengutip logammulia.com, Sabtu (18/5), harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,35 juta, naik Rp 7.000 dibandingkan harga kemarin.

Enam hari terakhir, harga logam mulia Antam telah naik senilai Rp 17.000.

Dus, harga beli kembali atau buyback emas Antam pada hari ini mengekor naik Rp 7.000 menjadi Rp 1,241 juta per gram. Ini acuan harga apabila Anda menjual emas Antam pada hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News