Keluarga

Digandrungi Kaum Hawa, Ini 6 Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan

Digandrungi Kaum Hawa, Ini 6 Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Menarik untuk disimak, berikut 6 manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan.

Pound fit adalah jenis olahraga kardio dengan alat seperti stik drum sebagai komponen utamanya. Dinamakan ripstix, alat ini memiliki berat 0,45 kg sehingga terbilang ringan.

Nantinya, ripstix digunakan untuk menciptakan irama pengiring gerakan bersama dengan alunan musik yang dimainkan selama pound fit berlangsung.

Adapun gerakan-gerakan yang ada di dalam pound fit merupakan kombinasi dari gerakan yoga, pilates, latihan kekuatan, serta gerakan menabuh drum. Meskipun begitu, pada dasarnya tidak ada gerakan khusus yang benar-benar mutlak dalam pound fit.

Lalu, apa sajakah manfaat dari olahraga yang sedang jadi favorit kaum hawa ini? Merangkum lama Sehat Aqua, inilah 6 manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan.

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang pertama yaitu membantu menurunkan berat badan.

Biasanya, pound fit dilakukan dalam durasi 45 menit. Selama waktu tersebut, akan dilakukan gerakan-gerakan yang dapat membakar kalori hingga 900 kkal.

Dalam waktu 2-4 menit, intensitas gerakan pound fit terbilang cukup tinggi. Kendati demikian, Anda tidak akan langsung kehabisan tenaga. Alhasil, pembakaran kalori pun tidak akan terasa begitu memberatkan, apalagi ada alunan musik yang membuat semangat.

2. Memperkuat otot

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang kedua yaitu memperkuat otot khususnya di area perut, paha, dan bokong.

Meskipun pound fit dirancang untuk menggerakan seluruh badan, namun banyak gerakan pound fit yang memutar dan membungkuk. Adapun gerakan-gerakan ini bisa menjadi latihan otot perut dan sekitarnya.

Ripstix yang digunakan dalam pound fit pun mampu membantu menambah beban sebesar 100 gram pada setiap gerakan. Hasilnya, pound fit dapat memperkuat otot perut sekaligus mengecilkan pinggang, perut buncit, dan paha agar terlihat lebih ramping.

3. Melatih seluruh bagian tubuh

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang ketiga yaitu melatih seluruh bagian tubuh.

Di dalam pound fit, terdapat berbagai gerakan seperti squat jump, lunges, mountain climber, hingga burpee yang dipadukan dengan gerakan menabuh drum.

Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meningkatkan koordinasi, kecepatan, kelincahan, serta daya tahan tubuh.

Baca Juga: 7 Urutan Skincare Remaja yang Benar, Kulit Sehat & Cantik

4. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang keempat yaitu meningkatkan imun tubuh.

Gerakan kardio pada pound fit dengan intensitas sedang bisa meningkatkan antibodi tertentu di dalam tubuh yang disebut dengan imunoglobulin.

Imunoglobulin sendiri adalah protein yang diproduksi oleh sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan alergen, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

5. Memperbaiki suasana hati

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang kelima yaitu memperbaiki suasana hati.

Pound fit bisa mengurangi ketegangan yang muncul akibat kecemasan. Plus, membuat Anda lebih rileks melalui gerakan kardio yang ada di dalamnya.

Gerakan yang dilakukan dengan intensitas tinggi pada pound fit juga dapat menghasilkan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih bahagia.

6. Mengasah fokus

Manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan yang keenam yaitu mengasah fokus.

Ripstix yang digunakan untuk melakukan gerakan menabuh drum dalam olahraga pound fit mampu menghasilkan ritme teratur apabila dilakukan dengan benar. Ritme yang dihasilkan dari gerakan tersebut dapat mengasah otak untuk tetap fokus serta meningkatkan daya pikir dan kemampuan dalam membuat keputusan.

Selain itu, penggunaan ripstix juga bisa mengalihkan perhatian Anda terhadap perhitungan yang menjenuhkan. Pasalnya, alih-alih harus menghitung jumlah pengulangan yang dilakukan, Anda justru harus fokus mendengarkan hasil ritme dari gerakan menabuh drum tersebut.

Itulah 6 manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba pound fit?

Selanjutnya: Eleven Climbers Killed as Indonesia Volcano Erupts, Search on Hold

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News