AturUang

Biaya Kesehatan Terus Naik, Atur Keuangan dan Miliki Asuransi Kesehatan

Biaya Kesehatan Terus Naik, Atur Keuangan dan Miliki Asuransi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Biaya kesehatan di Indonesia terus melonjak. Ada baiknya setiap orang perkuat dana darurat dan miliki asuransi kesehatan

Berdasarkan Survei Mercer Marsh Benefits (MMB) 2021-2023 yang membahas soal Estimated Medical Trend Summary, tercatat bahwa  peningkatan inflasi medis di Indonesia selama 3 tahun terakhir terus mengalami kenaikan. 

Bahkan keianikan itu mencapai 13,6% pada tahun 2023 dari sebelumnya sebesar 12.3% di tahun 2022. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi Asia di angka 11,5%.

Metta Anggriani, Perencana Keuangan & Founder Daya Uang menyarankan untuk bisa mengelola uangd engan baik guna menyiasati kenaikan biaya medis ini.

Baca Juga: Biaya Medis Naik 13,6% Per Tahun, Ini Cara yang Bisa Masyarakat Lakukan

'Masyarakat perlu mengatur budget dan membuat pos-pos kebutuhan untuk menjaga kesehatan setiap bulannya, termasuk menebalkan dana darurat,” kata Metta.

Selain itu, Metta juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan diri dan keluarga terdaftar menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan yang aktif seperti BPJS.

Ditambah lagi, Metta menayrankan setiap orang melakukan evaluasi berkala terhadap kondisi kesehatan (Medical Check Up) dan keuangan (Financial Check Up) maupun produk-produk asuransi yang dimiliki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News