Santai

Berbahaya, 5 Jenis Suplemen Vitamin Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Berbahaya, 5 Jenis Suplemen Vitamin Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Wajib jadi perhatian, ini daftar suplemen yang bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Mengonsumsi vitamin di masa kini jadi makin mudah dengan adanya suplemen vitamin di luaran.

Sementara vitamin punya peran baik dan penting bagi tubuh, namun konsumsi suplemen dengan dosis yang tepat juga perlu diperhatikan agar tidak membawa dampak buruk bagi tubuh.

Beberapa jenis suplemen vitamin berikut ini bisa membawa dampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Baca Juga: 4 Cara Jadi Perempuan Bahagia, Coba Tips Mudahnya Ini Yuk

Suplemen vitamin A

Vitamin A adalah jenis vitamin yang larut bersama lemak di dalam tubuh dan berfungsi untuk merawat kesehatan mata, fungsi imun, reproduksi, dan pertumbuhan.

Namun, melansir laman Times of India, terlalu banyak konsumsi jenis vitamin ini bisa menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan racun jika terlalu banyak.

Terlalu banyak konsumsi suplemen vitamin A bisa menyebabkan beberapa gejala seperti pening, mual, perubahan kulit, dan mungkin bisa merusak organ seperti liver.

Anjuran diet yang Direkomendasikan (RDA) untuk vitamin A bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Untuk pria dewasa, RDA-nya adalah 900 mikrogram RAE sehari, dan 700 mcg untuk wanita dewasa.

Suplemen vitamin D

Dosis harian vitamin D yang direkomendasikan adalah 600 IU—atau 15 mcg—untuk orang berusia 14 hingga 70 tahun. Vitamin D yang dikonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka waktu lama pada suplemen bisa membuatnya menjadi racun.

Terlalu banyak dosis vitamin D bisa menyebabkan kondisi hiperkalsemia, mual, muntah, otot lemah, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, hingga batu ginjal. Keracunan vitamin D bisa terjadi ketika suplemen vitamin D mengandung 10.000 IU atau lebih dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu singkat.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin? Wajib Ketahui Jenisnya Dulu, Ya

Suplemen vitamin E

Vitamin E akan memberi manfaat baik sebagai antioksidan untuk kesehatan imun jika dikonsumsi pada dosis 15 miligram per hari.

Tapi, menurut laman Eating Well, terlalu banyak suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko pendarahan dengan mengurangi kemampuan darah untuk membeku, sehingga dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Suplemen vitamin K

Vitamin K bagus untuk memelihara kesehatan tulang dan dapat dengan mudah ditemukan pada sayuran hijau. Namun ada beberapa kondisi yang membuat seseorang kekurangan vitamin K dan akhirnya mengonsumsi suplemen vitamin K.

Selama asupan harian vitamin K yang dikonsumsi berada pada batas 120 mcg per hari untuk pria berusia 19 tahun ke atas dan 90 mcg untuk wanita, maka tidak akan ada efek samping berbahaya.

Walau begitu, orang-orang dengan kondisi tertentu perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum meminum suplemen vitamin K.

Suplemen vitamin B6

Fungsi vitamin B6 adalah sintesis protein, kekebalan tubuh dan fungsi kognitif. Vitamin ini secara alami bisa ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan, daging sapi, jeroan, sayuran bertepung dan buah-buahan.

RDA untuk vitamin B6 adalah 1,3 mg setiap hari untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun. Efek seperti mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, dikaitkan dengan konsumsi 1 hingga 6 gram vitamin B6 bila dikonsumsi selama 12 hingga 40 bulan.

Efek potensial lain dari asupan suplemen vitamin B6 berlebihan dalam jangka panjang adalah peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari, mual dan mulas.

Nah, itulah tadi daftar beberapa jenis suplemen vitamin yang berbahaya jika dikonsumsi dengan dosis tinggi dan berlebihan. Mulai perhatikan lagi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News