Keluarga

Benarkah Minuman Klorofil Punya Manfaat Penting Bagi Kesehatan Tubuh Manusia?

Benarkah Minuman Klorofil Punya Manfaat Penting Bagi Kesehatan Tubuh Manusia?

MOMSMONEY.ID - Yuk simak penjelasan mengenai manfaat minuman klorofil bagi kesehatan tubuh manusia!

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Minuman klorofil adalah minuman yang berwarna hijau dengan rasa segar sedikit pahit. 

Nah seperti diketahui klorofil adalah pemberi zat hijau pada tumbuhan dan memegang peranan penting dalam proses fotosintesis. Tapi benarkah klorofil juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh manusia?

Baca Juga: Lima Ciri Kondisi Keuangan Sehat dari hasil Financial Check Up

Melansir Byrdie, seperti yang sudah dijelaskan diatas klorofil adalah zat alami yang membuat daun pada tanaman berwarna hijau. Nah klorofil ini yang dikonsumsi manusia adalah ekstraksi dari tanaman tersebut. 

Biasanya klorofil cukup populer dikonsumsi sebagai antioksidan dan untuk kesehatan secara umum. Kebanyakan menggunakan klorofil sebagai suplemen atau alternatif untuk memenuhi kebutuhan makan sayuran. 

Namun ternyata menurut Ahli Nutrisi dan Gizi Tanya Mezher produk yang ada di pasaran merupakan campuran garam semi-sintetis yang berasal dari klorofil itu sendiri. Campuran ini merupakan semi-sintetis yang mudah tercampur dengan air tetapi terikat dengan tembaga sehingga mudah diserap. 

Saat ini banyak informasi beredar jika meminum klorofil memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun tidak semua dapat dibuktikan. Berikut adalah manfaat yang sebenarnya bisa dirasakan dari mengonsumsi klorofil!

Melawan peradangan
Sebuah studi tahun 2012 menyimpulkan bahwa klorofil  adalah agen anti peradangan yang dapat membantu mengobati peradangan dan penyakit terkait. 

Penelitian lain menunjukkan klorofil cair yang dioleskan ke kulit atau diminum secara rutin bisa mengurangi peradangan luka atau jerawat. 

Antioksidan
Klorofil bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari tekanan oksidatif. Penelitian telah menemukan bahwa klorofil bisa melawan radikal bebas dari dalam tubuh sehingga membantu mencegah kerusakan pada kulit dan sel serta potensi penyakit seperti kanker yang bisa timbul. 

Baca Juga: 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Bikin Cerah dan Melembabkan

Detoksifikasi alami
Penelitian juga menunjukkan klorofil bisa membantu proses detoksifikasi alami khususnya karena paparan jamur dan logam berat. Nah menariknya struktur pada klorofil mirip dengan hemoglobin pada manusia dan dianggap bisa meningkatkan kualitas sel darah merah, sirkulasi energi dan oksigen pada tubuh. 

Anti penuaan dini
Klorofil juga ternyata dapat membuat kulit awet uda. Dalam hal metabolisme kulit, vitamin utama yang memegang peranan penting adalah Vitamin C, E, A dan D.

Nah klorofil adalah sumber terbaik untuk vitamin A, C dan E yang membantu perbaikan sel dan peremajaan kulit.

Sehingga dapat disimpulkan konsumsi klorofil memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun karena sedikitnya penelitian pada ibu hamil dan menyusui, maka sebaiknya hindari atau batasi mengonsumsi klorofil saat Anda sedang mengandung dan menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News