Santai

Begini Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet, Seberapa Lambat Internet Anda?

Begini Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet, Seberapa Lambat Internet Anda?

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa internet Anda lambat? Jika iya, Anda bica cek kecepatan koneksi internet dengan mudah. Ada beberapa cara cek kecepatan koneksi internet. 

Kecepatan internet yang baik tergantung pada beberapa faktor, seperti penggunaan internet harian dan berapa banyak orang di rumah yang menggunakan internet. Cara cek kecepatan koneksi internet juga tidak perlu instal aplikasi tambahan. 

Jika Anda merasa internet lemot atau lambat, Anda dapat mengikuti cara cek kecepatan koneksi internet sebagai berikut. 

Baca Juga: 10 Twibbon Hari Jadi Klaten 2023, Simpan dan Bagikan Bingkai Fotonya di Medsos

Cara cek kecepatan koneksi internet ini dapat Anda lakukan melalui ponsel maupun desktop. 

Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet 

WiFi

1. Lakukan Tes Kecepatan di Komputer

Internet menawarkan beberapa situs web yang menyediakan tes kecepatan Wi-Fi gratis. 

Anda bisa menggunakan SpeedTest, Fast, dan CloudFlare. etiap tes harus memakan waktu 60 detik atau kurang, memberikan kecepatan unduh dan unggah. Lakukan beberapa tes Wi-Fi untuk hasil yang optimal.

Penggunaan W-Fi bervariasi dari orang ke orang dan di antara rumah tangga, begitu juga dengan kecepatan Wi-Fi yang Anda perlukan. 

Ingatlah bahwa kecepatan internet Anda berubah berdasarkan waktu dan jumlah perangkat yang berjalan di router. 

2. Lakukan Tes Kecepatan di Ponsel atau Tablet 

Mirip dengan melakukan uji kecepatan di komputer, Anda juga dapat melakukan uji kecepatan di ponsel atau tablet menggunakan situs seperti SpeedTest, Fast dan CloudFlare. 

Baca Juga: Tak Sulit, Simak 7 Cara Mengatasi WiFi Laptop Tidak Tersambung atau Connected

3. Lakukan Tes Kecepatan pada Aplikasi Router Wi-Fi 

Beberapa router Wi-Fi telah menetapkan aplikasi untuk uji kecepatan. Google Nest, Eero, Linksys Velop, dan Asus ZenWifi memiliki opsi ini. Biasanya, ini adalah tes kecepatan Wi-Fi yang paling akurat.

Jika kecepatan Wi-Fi Anda lebih rendah dari yang diharapkan atau diinginkan, membeli router baru belum tentu jawabannya. Tetapi jika router Anda kuno, ini mungkin solusi terbaik.

4. Evaluasi Hasil Tes Kecepatan Wi-Fi

Hasil tes kecepatan internet tidak berguna jika Anda tidak dapat menafsirkannya. Tinjau kecepatan unduhan Anda untuk melihat seberapa cepat file akan diunduh, kemampuan streaming video Anda, dan berapa banyak perangkat yang dapat didukung Wi-Fi Anda. 

Secara alami, kecepatan DSL akan lebih lambat. Dengan internet kabel, bisa jadi berjalan lambat karena kemacetan dari rumah lain juga di kabel.

Jika latensi lebih rendah dari 20 milidetik (md), Wi-Fi Anda seharusnya berfungsi dengan baik. Namun, jika latensi di atas 150 ms, akan ada masalah lag. 

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Threads Instagram Error dan Tidak Dapat Diakses

Jika Anda mengalami masalah kelambatan, router Anda mungkin sudah tua dan perlu diganti, atau coba tingkatkan ke serat untuk latensi yang lebih rendah.

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas dan masih mengalami masalah Wi-Fi, malware, router lama, masalah ISP, atau perangkat keras yang rusak bisa menjadi penyebabnya. Jalankan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi malware.

Cara Mendapatkan Kecepatan Wi-Fi Akurat

1. Matikan Pengunduhan Otomatis Sementara

Lihat pengelola tugas di komputer Anda untuk memastikan file besar tidak diunduh atau diperbarui. Matikan semua program yang berjalan di komputer Anda.

2. Kurangi Pengguna yang Tidak Diinginkan

Jika pengguna yang tidak diinginkan menggunakan sebagian besar bandwidth internet Anda, Anda tidak akan mendapatkan tes kecepatan yang akurat. 

Minta pengguna untuk menjeda pesta Netflix mereka saat Anda menjalankan uji kecepatan. Ubah kata sandi Wi-Fi jika pengguna yang tidak dikenal ada di jaringan Anda.

Baca Juga: Periksa 4 Cara Tethering HP ke Laptop via Android dan iPhone bagi Pemula

3. Periksa Masalah dengan Router 

Bukan ide yang buruk untuk menyambungkan router Wi-Fi Anda langsung ke kabel Ethernet saat menjalankan tes kecepatan internet. Sangat penting untuk menguji kecepatan internet Anda di mana Anda biasanya menggunakan komputer Anda. 

Jika Anda menyambungkan komputer langsung ke perute dan ada peningkatan kecepatan internet yang signifikan, mungkin sudah waktunya untuk memutakhirkan perute.

Nah, begitulah beberapa cara cek kecepatan koneksi internet yang dapat Anda lakukan dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News