Keluarga

Bagus buat Diet, Inilah 5 Buah untuk Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Bagus buat Diet, Inilah 5 Buah untuk Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

MOMSMONEY.ID - Catat ya, berikut 5 buah untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Sama seperti sayuran, buah juga menyediakan banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Faktanya, makan cukup buah setiap hari telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, serta berpotensi mengurangi risiko kanker tertentu.

Yang tak kalah penting, beberapa buah juga dilengkapi dengan serat dan lemak sehat yang mana kedua nutrisi ini telah terbukti mampu membuat perut kenyang lebih lama dengan memperlambat proses pencernaan.

Bagus buat diet, inilah 5 buah untuk membuat perut kenyang lebih lama sebagaimana dilansir dari laman Eat This, Not That!

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen pada Wajah dengan Mudah

1. Alpukat

Alpukat

Buah untuk membuat perut kenyang lebih lama yang pertama yaitu alpukat. Dikemas dengan lemak sehat, alpukat dapat memperlambat pengosongan lambung. Alhasil, perut cenderung merasa kenyang lebih lama.

Alpukat juga dikemas dengan serat yang membantu pencernaan dan berkontribusi pada rasa kenyang.

Tekstur alpukat yang lembut mampu menambah kekayaan pada suatu makanan. Buah ini juga tergolong serbaguna untuk berbagai hidangan, termasuk hidangan diet.

2. Blackberry

Blackberry

Buah untuk membuat perut kenyang lebih lama yang kedua yaitu blackberry. Dalam hal memilih makanan yang dapat membantu Anda tetap kenyang, pastikan makanan tersebut mengandung serat yang tinggi. Ini karena serat mampu membantu menekan nafsu makan dengan memperlambat laju pencernaan tubuh, sehingga membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Salah satu buah yang dikemas dengan banyak serat adalah blackberry. Dalam satu cangkir blackberry, terkandung hampir 8 gram serat.

Selain itu, blackberry juga tidak mengandung terlalu banyak gula alami. Sehingga, buah ini tergolong sempurna untuk sekaligus menjaga gula darah Anda.

3. Apel

Buah apel

Buah untuk membuat perut kenyang lebih lama yang ketiga yaitu apel. Makan apel secara teratur lebih dari sekadar menjauhkan Anda dari dokter. Karena, buah ini juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang di antara waktu makan.

Apel termasuk buah yang baik untuk membantu tetap kenyang dalam waktu lama, karena merupakan sumber serat larut terutama pektin yang memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Kandungan serat yang melimpah dalam apel juga mampu membantu mengatur kadar gula darah serta mencegah lonjakan rasa lapar tiba-tiba.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi berkaitan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko obesitas secara signifikan.

Baca Juga: Ada Kemerahan dan Jerawat, Ini 5 Makanan Penyebab Inflamasi yang Harus Dihindari

4. Semangka

Semangka

Buah untuk membuat perut kenyang lebih lama yang keempat yaitu semangka. Merasa kenyang tidak selalu datang dengan hanya mengonsumsi makanan berserat. Terkadang, menjaga hidrasi juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang.

Kabar baiknya, mengonsumsi semangka bisa membantu Anda menjaga hidrasi untuk membuat perut kenyang lebih lama. Ini karena semangka mengandung 92% air.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi air sebelum dan selama makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Itu artinya, kandungan air ekstra dalam semangka bisa membantu Anda merasa sedikit lebih kenyang.

5. Zaitun

Buah zaitun

Buah untuk membuat perut kenyang lebih lama yang kelima yaitu zaitun. Ingat, serat bukanlah satu-satunya nutrisi yang dapat membantu makanan terasa lebih mengenyangkan. Faktanya, keberadaan lemak sehat juga bisa memberikan efek serupa.

Menurut National Center for Biotechnology Information, lemak sehat dapat membantu mengurangi hormon lapar dan memperlambat pencernaan.

Di luar sana, tidak banyak buah yang mengandung lemak sehat. Namun, zaitun memilikinya. Kendati mampu membuat perut kenyang lebih lama, selau ingat untuk mengonsumsi zaitun secukupnya karena buah ini mengandung banyak natrium.

Itulah 5 buah untuk membuat perut kenyang lebih lama. Yuk, konsumsi secara rutin khususnya saat diet!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News