Bugar

Apakah Santan Mengandung Kolesterol? Temui Faktanya di Sini

Apakah Santan Mengandung Kolesterol? Temui Faktanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Santan cairan kental yang diperoleh dari parutan daging kelapa seringkali dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun, apakah santan mengandung kolesterol?

Momsmoney akan menjelaskan fakta sebenarnya mengenai kandungan santan dan pengaruhnya terhadap kolesterol. Simak, ya!

Apakah Santan Mengandung Kolesterol?

Santan adalah cairan yang berasal dari daging kelapa yang diparut dan diperas. Dikenal dengan rasa dan aroma yang khas, santan sering digunakan dalam berbagai jenis masakan Asia, terutama dalam masakan Indonesia, Thailand, dan India. Santan menambahkan tekstur krem dan rasa gurih pada makanan.

Santan kaya akan lemak, termasuk asam lemak jenuh. Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, santan tidak mengandung kolesterol. Kolesterol umumnya ditemukan hanya dalam produk hewani. Santan berasal dari kelapa yang merupakan sumber nabati, sehingga tidak mengandung kolesterol.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya yang Menyehatkan

Melansir dari laman Halodoc, santan tidak mengandung kolesterol. Jumlah kolesterol nol miligram per 100 gram santan. Dalam takaran tersebut, santan memiliki sekitar 230 kalori, 5,54 gram karbohidrat dan tidak ada sodium atau protein. Namun santan mengandung lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh dalam santan adalah 21 gram per 100 gram.

Lemak jenuh yang tinggi dalam santan bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol "jahat" pada beberapa orang. Kenaikan LDL ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa respon terhadap lemak jenuh dapat bervariasi di antara individu. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan kolesterol LDL yang signifikan, sementara yang lain tidak banyak terpengaruh.

Baca Juga: 11 Daftar Minyak Rendah Kolesterol yang Menyehatkan, Cegah Kolesterol Tinggi

Cara Mengonsumsi Santan dengan Sehat

Inti dari konsumsi santan yang sehat adalah moderasi. Menggunakan santan secukupnya dalam masakan dapat membantu menjaga keseimbangan diet Anda. Untuk mengurangi asupan lemak jenuh, Anda bisa memilih santan rendah lemak yang tersedia di pasaran.

Menggabungkan santan dengan sayuran atau sumber serat lainnya dapat membantu menyeimbangkan efek lemaknya dan menambah nilai gizi pada masakan.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Ini 11 Pilihan Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Layak Dicoba

Itulah jawaban dari pertanyaan, apakah santan mengandung kolesterol atau tidak. Santan tidak mengandung kolesterol. Namun, karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, santan bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi berlebihan.

Konsumsi santan dengan moderat dan pilihlah varian yang lebih sehat untuk mengoptimalkan manfaatnya dan meminimalkan risiko kesehatan. Santan bisa menjadi bagian dari diet yang seimbang jika dikelola dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News