Bugar

Apa yang Menyebabkan Asam Lambung Naik? Ada 10 Penyebab

Apa yang Menyebabkan Asam Lambung Naik? Ada 10 Penyebab

MOMSMONEY.ID - Asam lambung terjadi ketika asam lambung bergerak naik ke esofagus yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau sensasi terbakar di dada, yang sering disebut sebagai heartburn. Bagi orang awam mungkin bertanya-tanya, apa yang menyebabkan asam lambung naik sebenarnya?

Ada berbagai faktor yang bisa memicu kondisi ini. Berikut Momsmoney telah merangkumkan sepuluh penyebab asam lambung naik, melansir dari laman Mayo Clinic:

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Konsumsi makanan pedas, berlemak, atau asam secara berlebihan seringkali dapat memicu naiknya asam lambung. Makanan seperti cokelat, kafein, makanan olahan, minuman bersoda, dan alkohol juga diketahui meningkatkan risiko asam lambung.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya yang Menyehatkan

2. Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas meningkatkan tekanan pada perut, yang bisa menyebabkan asam lambung mudah naik ke esofagus. Mengelola berat badan bisa membantu mengurangi gejala dan mengurangi frekuensi reflux.

3. Merokok

Merokok dapat melemahkan sfingter esofagus bawah, yang bertugas sebagai pintu antara lambung dan esofagus. Jika sfingter ini lemah, maka mudah bagi asam lambung untuk naik.

Baca Juga: Ini 13 Minuman Herbal untuk Asam Lambung yang Bisa Anda Coba, Catat ya

4. Kebiasaan Makan yang Buruk

Makan terlalu banyak dalam satu waktu atau berbaring langsung setelah makan bisa memperparah gejala asam lambung. Sebaiknya tunggu sekitar tiga jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur.

5. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, obat tekanan darah tertentu, dan obat-obatan untuk asma bisa memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya

6. Stres

Stres tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, tetapi juga bisa memicu kenaikan asam lambung. Stres dapat meningkatkan produksi asam di lambung dan melemahkan fungsi normal dari sfingter esofagus.

7. Hernia Hiatus

Kondisi ini terjadi ketika bagian atas lambung mendorong melalui hiatus, sebuah bukaan di diafragma. Ini memungkinkan asam lambung lebih mudah naik ke esofagus.

Baca Juga: Sebaiknya Hindari ya, Ini Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

8. Kehamilan

Selama kehamilan, perubahan hormonal dan tekanan fisik dari bayi yang berkembang dapat menyebabkan asam lambung. Biasanya, kondisi ini akan membaik setelah melahirkan.

9. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang bisa meningkatkan risiko reflux. Memilih makanan yang lebih rendah lemak bisa membantu mengurangi gejala.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung!

10. Faktor Genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan asam lambung. Ini membuat mereka lebih rentan terhadap kondisi ini meskipun menjalani gaya hidup yang sehat.

Itulah jawaban atas pertanyaan tentang apa yang menyebabkan asam lambung naik. Penyebab asam lambung naik penting untuk Anda ketahui sebagai preventif.

Pengelolaan efektif asam lambung melibatkan kombinasi dari perubahan gaya hidup dan, jika perlu, penggunaan obat-obatan. Jika gejala berlanjut atau memburuk, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News