InvesYuk

Ajarkan Anak Mengatur Keuangan agar Siap Mandiri Finansial

Ajarkan Anak Mengatur Keuangan agar Siap Mandiri Finansial

MOMSMONEY.ID -  Jangan asal memberi uang anak, tetapi sebagai orang tua sebaiknya melatih anak agar bisa mandiri secara finansial.

Sekarang ini masih banyak anak yang tergantung pada orang tuanya meski sudah memperoleh penghasilan. Padahal seharusnya ketika sudah bisa memperoleh penghasilan anak bisa mandiri finansial.

Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi mengatakan bahwa mandiri keuangan bisa diartikan sebagai kondisi keuangan si anak tidak lagi bergantung kepada orang tua. 

"Maka jika Si Anak sudah mulai mendapatkan penghasilannya sendiri secara rutin dan tidak mendapat bantuan dari orang tuanya lagi maka ia dapat dikatakan sudah mandiri secara keuangan," kata Eko. 

Baca Juga: Ini Cara Alokasikan Bujet Belanja yang Terbatas

Dengan kata lain syarat utama bisa dikatakan mandiri secara keuangan adalah seorang anak bisa memiliki penghasilan yang rutin dan dapat mengelola keuangan secara bijak.

Namun sebenanrya sebelum anak mandiri secara finansial, ada baiknya ana dibimbing agar cerdas terhadap keuangan. Caranya bisa beragam.

Eko memberikan contoh misalnya memberikan uang jajan secara mingguan atau bulanan, bukan anggaran. Hal ini membiasakan anak untuk mengatur pengeluarannya. 

"Biasanyak juga mencatat pengeluaran dan menghindari pengeluaran tidak penting," ungkap Eko. 

Selanjutnya adalah membuat pos dan buku tabungan untuk anak. Terakhir adalah membuat rencana kebutuhan bulanan anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News