Keluarga

Ada Kemerahan dan Jerawat, Ini 5 Makanan Penyebab Inflamasi yang Harus Dihindari

Ada Kemerahan dan Jerawat, Ini 5 Makanan Penyebab Inflamasi yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari karena bisa menyebabkan kemerahan dan jerawat pada wajah.

Inflamasi atau peradangan merupakan salah satu permasalahan kulit yang cenderung sering terjadi di kalangan wanita. 

Selain ditandai dengan perubahan warna atau kulit menjadi bergelombang, inflamasi juga kerap disertai dengan munculnya jerawat atau kulit bengkak. 

Pada dasarnya penyebab inflamasi dikaitkan dengan kerusakan akibat sinar matahari.

Faktanya, permasalahan ini juga bisa muncul akibat kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu yang ternyata berdampak buruk bagi kulit. 

Mau tahu apa saja makanan yang dapat menyebabkan inflamasi, sehingga bisa Anda hindari mulai sekarang? 

Dirangkum dari BeBeautiful, inilah beberapa makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari karena bisa menyebabkan kemerahan dan jerawat pada wajah, antara lain: 

Baca Juga: Cegah Kulit Berjerawat! Ini 5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Kulit Berjerawat

1. Gula

Makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari pertama adalah gula.

Karbohidrat sederhana seperti gula rafinasi dapat secara instan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada kulit. 

Ketika dikonsumsi apalagi secara berlebihan, gula akan meningkatkan kadar insulin dan memicu serangan jerawat atau alergi. 

Lebih parahnya, peradangan yang diakibatkan oleh konsumsi gula bisa merusak kolagen yang pada akhirnya akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan kusam. 

2. Daging olahan

Makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari kedua adalah daging olahan.

Olahan daging seperti sosis, burger, dan bacon masuk ke dalam daftar makanan yang berisiko tinggi merusak kulit. 

Tinggi akan kandungan lemak jenuh, senyawa inflamasi, dan pengawet, makanan-makanan ini dapat secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh.

Akibatnya, pencernaan akan mudah terganggu dan kulit pun rentan mengalami iritasi serta peradangan. 

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari konsumsi daging olahan apapun bentuknya terutama jika Anda memiliki masalah kulit atau infeksi perut. 

Baca Juga: 6 Cara Melindungi Kulit saat Masak biar Tidak Kusam dan Jerawatan

3. Gorengan

Makanan penyebab inflamasi yang harus dihindariketiga adalah gorengan. Siapa tidak suka cita rasa gorengan yang gurih, garing, dan renyah? 

Meskipun terasa begitu nikmat, gorengan justru patut dihindari terutama jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan mulus. 

Mengonsumsi gorengan ternyata bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jerawat dengan cara meningkatkan produksi sebum pada kulit Anda lho, Moms. 

Ketika makanan digoreng dalam suhu yang tinggi, itu akan menghasilkan produk akhir dengan glikasi tingkat lanjut yang tinggi.

Faktanya, makanan dengan glikasi tingkat lanjut yang tinggi memiliki kesempatan yang besar untuk mendatangkan peradangan pada kulit. 

Jadi, kurangilah atau bahkan hentikan kebiasaan makan gorengan dan beralihlah ke makanan yang telah terbukti sehat. 

4. Produk susu

Makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari selanjutnya produk susu. Susu mengandung hormon alami yang dapat menyebabkan inflamasi pada kulit. 

Saat Anda minum susu atau menikmati produk susu, pada dasarnya Anda sedang mengonsumsi hormon dari sapi jantan dan betina yang terlibat dalam reproduksi. 

Di sisi lain, laktosa yang terkandung dalam susu dapat meningkatkan gula darah.

Adapun tingkat gula darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama dari peradangan kulit. 

Baca Juga: Mau Coba? Ini 4 Rekomendasi Serum Jerawat Terbaik dan Murah untuk Kulit Wajah

5. Soda

Makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari terakhir adalah soda. Kendati segar, nyatanya soda merupakan salah satu minuman yang tidak ramah untuk kulit. 

Soda mengandung serat yang rendah. Padahal, serat termasuk nutrisi penting bagi kulit karena bisa mencegah fluktuasi gula darah. 

Akibat kandungan seratnya yang rendah, maka tidak heran jika mengonsumsi soda dapat dengan mudah menyebabkan inflamasi sekaligus penuaan dini. 

Itulah beberapa makanan penyebab inflamasi yang harus dihindari karena bisa menyebabkan kemerahan dan jerawat pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News