Bugar

9 Manfaat Pilates untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Stres

9 Manfaat Pilates untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Stres

MOMSMONEY.ID - Pilates telah menjadi populer di seluruh dunia karena berbagai manfaat yang ditawarkannya, terutama bagi orang dewasa. Bagi Anda yang belum pernah melakukan Pilates pasti bertanya-tanya, apa saja manfaat Pilates untuk kesehatan sebenarnya?

Melansir dari laman Healthline, di bawah ini adalah sembilan manfaat Pilates untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Studi telah menunjukkan bahwa Pilates bisa meningkatkan kepadatan tulang, khususnya pada wanita pascamenopause. Meningkatkan kepadatan tulang adalah krusial karena tulang yang rapuh lebih mudah patah.

Pilates dengan peralatan, seperti Reformer dan Tower, lebih efektif untuk tujuan ini karena menggunakan ketahanan pegas sebagai beban, berbeda dengan matwork Pilates.

Baca Juga: Untuk Menurunkan Berat Badan, Lebih Bagus Berjalan atau Berlari?

2. Memperbaiki Postur

Pilates membantu mengatasi masalah postur yang mungkin memburuk seiring bertambahnya usia, yang sering kali berkaitan dengan penurunan kepadatan tulang dan kebiasaan duduk yang buruk.

Fokus pada penjajaran dan keseimbangan dalam Pilates dapat membantu mengurangi kompresi pada sendi dan organ serta menyeimbangkan otot yang kencang.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Gaya Berjalan

Pilates memperkuat inti, pinggul, kaki, dan pergelangan kaki, yang penting untuk keseimbangan dan koordinasi. Hal ini sangat berarti bagi lansia yang mungkin memiliki kecenderungan untuk jatuh atau kehilangan mobilitas pergelangan kaki, yang dapat mempengaruhi cara berjalan mereka.

4. Meningkatkan Mobilitas

Pilates mempromosikan keseimbangan antara kekuatan dan fleksibilitas, yang kritis untuk menjaga rentang gerak yang optimal. Latihan terkontrol dalam Pilates membantu mempertahankan mobilitas yang efektif, memungkinkan seseorang untuk bergerak lebih bebas dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ini 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

5. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

Pilates tidak hanya menenangkan sistem saraf tetapi juga mengurangi stres dan meningkatkan mood. Penelitian menunjukkan bahwa Pilates dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi serta membawa manfaat psikososial.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Latihan dalam Pilates meningkatkan aliran darah ke otak, yang mendukung perkembangan neuron baru dan memperkuat fungsi-fungsi kognitif seperti ingatan dan pembelajaran.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa untuk Diet, Intip Cara Konsumsinya!

7. Mengurangi Nyeri Punggung

Kekuatan inti yang diperoleh dari Pilates sangat baik untuk punggung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa Pilates dapat meredakan nyeri punggung bawah kronis.

8. Meningkatkan Kekebalan

Pilates membantu meningkatkan sirkulasi darah dan sistem getah bening, yang penting dalam membuang toksin dan memperkuat sistem imun.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Bagus untuk Diet? Ini Faktanya

9. Pencegahan Cedera

Fokus sendi dan stabilitas, Pilates melatih tubuh untuk bergerak dengan aman dan efektif, mengurangi risiko cedera sehari-hari dan meningkatkan proprioception.

Nah, itulah beberapa manfaat Pilates untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Promo Berhadiah Indomaret 11-24 Juli 2024, Nivea Body Serum Beli 1 Gratis 3 Teh Kotak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News