Santai

8 Cara Mencari Lagu Trending di Instagram, Simak Langkah-langkahnya

8 Cara Mencari Lagu Trending di Instagram, Simak Langkah-langkahnya

MOMSMONEY.ID - Seperti namanya, lagu-lagu yang sedang tren di Instagram adalah lagu-lagu yang paling hot dan paling banyak digunakan saat ini di platform tersebut. Namun, bagaimana cara mencari lagu trending di Instagram?

Ada beberapa cara mencari lagu trending di Instagram yang dapat Anda simak di artikel ini. 

Cara mencari lagu trending di Instagram berikut ini membantu Anda untuk membuat reels sehingga ditonton oleh banyak orang. Salah satu tips reels viral adalah menggunakan lagu trending di Instagram. 

Baca Juga: Mencari Akun Instagram dengan Nomor HP? Ternyata Bisa, Begini Caranya

Mengutip Guilding Tech, berikut cara mencari lagu trending di Instagram:

1. Centang ikon panah di sebelah audio

Ada kemungkinan besar bahwa musik apa pun yang sedang tren di Instagram akan digunakan oleh pengguna lain untuk Reel mereka. Ketika mereka melakukan itu, simbol panah kecil ditambahkan di sebelah nama trek, menandakan bahwa trek tersebut sedang tren.

Jadi, saat Anda menelusuri bagian Reels, carilah simbol audio yang sedang tren. Begini caranya:

- Buka Instagram dan ketuk opsi Reel.

- Sekarang, gulir ke seluruh Reel sampai Anda menemukan yang memiliki ikon panah.

- Lalu, ketuk di atasnya.

- Setelah Anda mengonfirmasi bahwa audio sedang tren, ketuk Gunakan audio.

Ini akan membuka jendela tambahkan Reel. Anda sekarang dapat melanjutkan untuk menambahkan audio yang sedang tren ke Reel Instagram Anda. 

Baca Juga: Download Video Threads Tanpa Instal Aplikasi Tambahan, Simak Caranya

2. Telusuri saran audio Instagram

Saat membuat Reel menggunakan aplikasi Instagram, Anda mendapatkan rekomendasi musik yang dapat Anda tambahkan ke Reel Anda. 

Dengan menggunakan bagian ini, Anda dapat menemukan suara yang sedang tren untuk Reel Instagram dan menambahkannya sesuai dengan itu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

- Buka aplikasi seluler Instagram.

- Sekarang, gunakan jari Anda untuk menahan layar dan geser ke kanan.

- Setelah editor terbuka, pilih REEL.

- Lalu, ketuk Audio.

- Gulir ke bagian Untuk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menelusuri halaman ini untuk menemukan musik trending lainnya di Instagram.

Baca Juga: Ingin Melihat Kata Sandi IG saat Lupa Password Akun? Begini Caranya

3. Gulir melalui bagian Reel Instagram

Menggulir dengan santai bagian Reel di aplikasi Instagram Anda juga dapat membawa Anda selangkah lebih dekat untuk menemukan lagu trending yang sempurna. 

Karena algoritma Instagram menyesuaikan hasil pencarian Anda berdasarkan preferensi Anda, sebagian besar Reel yang Anda lihat akan relevan.

Dengan cara ini, Anda dapat menelusuri Reel pembuat konten yang berbeda dan melihat audio apa yang mereka gunakan dan mencatat lagu apa pun yang berulang. Anda juga dapat mengidentifikasi lagu yang diputar di Reel Instagram menggunakan Shazam.

4. Periksa akun kreator Instagram

Instagram @creators adalah harta karun. Di sini, Anda dapat menemukan foto dan video dari pembuat konten unggulan, Laporan Tren Baru untuk Reel yang dikurasi, tips dan trik untuk pembuat konten, dan banyak lagi. 

Anda juga dapat mengikuti salah satu pembuat konten unggulan untuk melihat lebih banyak konten mereka di masa mendatang.

Hal yang menakjubkan tentang Laporan Tren Baru adalah laporan ini tidak hanya mencakup lagu-lagu yang sedang tren di Instagram.

Tetapi juga memerinci bagaimana Anda dapat membuat ulang tren tersebut dengan instruksi yang disederhanakan. Ini sangat berguna jika Anda baru memulai atau ingin meningkatkan pengikut Instagram Anda.

Baca Juga: Intip Cara Melihat Password Email via Browser HP dan Laptop, Cukup 2 Langkah

5. Gunakan alat tren Reel

Sebagai tambahan yang relatif baru di Instagram, kini Anda dapat melihat tren yang sedang berlangsung menggunakan alat Reels Trends, langsung dari dasbor aplikasi Instagram Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaksesnya:

- Buka aplikasi Instagram dan buka halaman profil Anda.

- Di sini, ketuk dasbor Profesional atau ketuk ikon hamburger.

- Di sini, ketuk Reels Trends.

Anda sekarang dapat menggunakan halaman ini untuk menjelajahi hashtag dan musik terbaru yang sedang tren di Instagram. Jika Anda tidak dapat menemukan opsi ini, pastikan aplikasi Anda sudah yang terbaru. Selain itu, karena fitur ini belum diluncurkan secara global, orang di luar AS tidak akan mendapatkan opsi ini.

6. Periksa TikTok 

Begitu sebuah lagu mulai menjadi tren di Instagram, ada kemungkinan besar lagu tersebut juga akan menjadi tren di saingan beratnya, TikTok. 

Karena kedua platform video pendek ini merupakan pesaing yang bersaing ketat, sebagai pengguna, kita dapat mengambil manfaat darinya dengan menggunakan halaman Pusat Kreatif TikTok. 

Di sini, pilih Lagu dan telusuri daftar lagu yang sedang populer di platform. Anda juga dapat memeriksa tren masa lalu dengan mengubah jangka waktu. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat lebih dalam tentang semua lagu yang sedang tren dan untuk berapa lama.

Setelah Anda memiliki musik yang diperlukan, beralihlah ke Instagram dan mulailah berkreasi.

Baca Juga: Cara Mematikan Sinkronisasi Kontak dari Instagram, Begini Langkah Mudahnya

7. Cari melalui feed kreator populer

Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat mencari akun pembuat konten yang berbeda. Setelah berada di halaman profil mereka, buka feed Reel mereka dan gulir ke Reel yang baru mereka posting.

Ulangi proses ini dan buka beberapa akun lagi. Berikan perhatian khusus pada Reel viral atau Reel dengan jumlah penayangan tinggi.

Dengan cara ini, Anda dapat lebih memahami tren audio Reel terbaru untuk niche atau komunitas tertentu yang dilayani oleh pembuat konten ini. Anda juga dapat menyimpan cerita mereka dengan musik untuk tujuan referensi. Setelah selesai, rujuk silang dan pilih musik untuk konten Anda.

8. Periksa Spotify

Spotify telah menyusun daftar putar untuk setiap kesempatan. Jadi, tidak mengherankan jika Anda dapat menemukan playlist yang didedikasikan untuk lagu-lagu yang sedang tren di Spotify. Di sini, Anda dapat mengurutkan playlist berdasarkan bahasa, wilayah, jumlah lagu, dll.

Setelah Anda memiliki daftar lagu yang sedang tren, Anda dapat memeriksa ulang lagu tersebut dengan Instagram menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas. Kemudian, gunakan lagu-lagu tersebut sesuai keinginan Anda di Reels di Instagram.

Nah, itulah beberapa cara mencari lagu trending di Instagram yang dapat Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News