Santai

6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

MOMSMONEY.ID - Bunga mawar menjadi salah satu bunga primadona yang disukai oleh banyak orang. Bunga mawar semakin cantik jika Anda menggunakan pot yang sesuai. Berikut ini terdapat rekomendasi pot terbaik untuk bunga mawar. 

Rekomendasi pot terbaik untuk bunga mawar akan semakin menambah daya tarik visual. 

Pot terbaik untuk bunga mawar disesuaikan dengan warna mawar yang indah. Lalu, apa saja pot terbaik untuk bunga mawar?

Baca Juga: Kurangi Kerutan hingga Minyak Berlebih, Ini 5 Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini rekomendasi pot terbaik untuk bunga mawar. 

1. Pot terakota dan tanah liat 

Pot tanaman hias

Pot terakota dan tanah liat ideal untuk mawar karena berpori sehingga memungkinkan udara dan air mengalir melalui dinding. Ini akan membantu Anda mencegah busuk akar dan penyakit jamur yang merugikan tanaman Anda.

Namun, pot ini bisa jadi berat dan mudah pecah sehingga Anda mungkin perlu menggantinya sesekali.

Baca Juga: Berapa Lama Bunga Mawar Bertahan dan Hidup? Simak Tips Menanamnya

2. Pot keramik mengkilap

Pot keramik berlapis kaca, dengan warna dan sentuhan akhir yang cerah, merupakan kombinasi sempurna untuk sentuhan dekoratif pada keindahan luar biasa dari bunga-bunga ini!

Pastikan pot-pot ini memiliki lubang drainase yang memadai, karena lapisan kaca mengurangi sirkulasi udara pot.

3. Wadah kayu

Selain sifatnya yang ramah lingkungan, pot kayu memberikan drainase yang sangat baik dan sirkulasi udara yang baik. Pot ini juga mempertahankan kelembapan lebih baik dibandingkan pot tanah liat, sehingga bermanfaat saat cuaca panas.

Pastikan kayu dirawat agar tahan terhadap pembusukan, namun Anda harus menghindari bahan kimia berbahaya yang dapat merusak mawar.

Baca Juga: Cari Tahu Arti Warna Bunga Mawar di Sini Sebelum Dikirim Jadi Kado Valentine

4. Pot penyiraman 

Apakah Anda seorang tukang kebun pemula yang khawatir akan menyiram atau membuat mawar Anda terendam air? Jika iya, pot yang bisa menyiram sendiri ini bisa menjadi solusi terbaik Anda.

Mereka memiliki reservoir di bagian bawah yang memungkinkan tanaman menyerap kelembapan sesuai kebutuhan, mengurangi risiko penyiraman berlebihan dan penyakit akar.

5. Pot logam

Pot logam, seperti yang terbuat dari aluminium atau baja, menawarkan tampilan yang modern dan ramping. Jika Anda ingin mawar Anda memiliki daya tarik estetika dan daya tahan tambahan, tidak ada pilihan yang lebih baik!

Pot logam tahan pecah dan mampu menahan beban tanah dan mawar dewasa. Anda harus memilih tanaman dengan lapisan pelindung untuk mencegah karat dan penyerapan panas, yang dapat membuat tanaman stres selama bulan-bulan panas. Juga, lubang di bagian bawah adalah suatu keharusan!

6. Pot fiberglass

Pot fiberglass ringan dan serbaguna, cocok untuk tukang kebun yang sering menata ulang penataan tamannya. Pot ini meniru tampilan bahan yang lebih berat seperti batu atau keramik, namun lebih mudah untuk dipindahkan.

Fiberglass tidak berpori, yang membantu menjaga tingkat kelembapan yang konsisten di dalam tanah, sehingga bermanfaat bagi pertumbuhan mawar. Pastikan untuk mengebor lubang di bagian bawah.

Baca Juga: 12 Tips dan Cara Membuat Bunga Mawar Mekar Fantastis, Begini Merawatnya

Tips Memilih Pot Terbaik 

- Pastikan pot memiliki satu lubang drainase besar atau beberapa lubang drainase kecil di bagian bawah.

- Meskipun piring mencegah air tumpah, piring juga dapat memerangkap kelebihan air. Jika Anda menggunakan cawan, kosongkan secara teratur agar air tidak menggenang.

- Pilih pot yang kedalaman dan lebarnya setidaknya 12-15 inci. Varietas yang lebih besar mungkin memerlukan lebih banyak ruang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi pot terbaik untuk bunga mawar yang bisa Anda jadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News