Santai

6 Fitur Aplikasi Pesan yang Tersembunyi di iOS 17 Terbaru

6 Fitur Aplikasi Pesan yang Tersembunyi di iOS 17 Terbaru

MOMSMONEY.ID - Ada banyak sekali fitur baru di aplikasi Pesan untuk iOS 17, tetapi Anda mungkin tidak langsung menyadarinya. Artikel ini menjelaskan mengenai enam fitur aplikasi pesan yang tersembunyi di iOS 17.

Ada beberapa fitur aplikasi pesan yang tersembunyi di iOS 17 terbaru. Fitur terbaru ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan aplikasi perpesanan. 

Salah satunya saat Anda ingin membalas pesan atau memulai percakapan baru. Fitur aplikasi pesan yang tersembunyi di iOS 17 terbaru ini perlu disimak. 

Baca Juga: Cara Ubah Layar Jadi Hitam Putih di iPhone, Aktifkan dengan Langkah Berikut Ini

1. Fitur otomatis gulir ke tempat Anda meninggalkan pesan

Salah satu fitur baru yang hebat untuk obrolan grup adalah tombol "mengikuti" yang baru.

Jika Anda sudah lama tidak menggunakan ponsel (atau mengabaikan teman Anda yang tidak berhenti berbicara di obrolan grup), kini Anda dapat secara otomatis menggulir ke bagian terakhir yang Anda tinggalkan dalam percakapan.

Jika Anda memiliki lebih banyak pesan yang belum dibaca dari grup daripada yang dapat ditampung di layar Anda, sebuah panah akan muncul yang dapat Anda ketuk di kanan atas untuk menampilkan pesan terakhir yang Anda baca.

2. Geser untuk membalas

Jauh lebih alami dibandingkan sebelumnya, fungsi gesek untuk membalas yang baru di Pesan terasa seperti fitur kenyamanan yang sempurna. Anda tidak perlu lagi menekan dan menahan pesan, lalu menekan Balas, hanya untuk membuat rangkaian balasan.

Di iOS 17, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggesek pesan apa pun ke kanan, dan pesan itu akan otomatis memicu balasan. Ini sangat cepat dan dapat dilakukan tanpa berpikir panjang. Fitur ini hanya berfungsi dengan percakapan iMessage.

Baca Juga: Cara Hapus Update iOS di iPhone yang Tidak Ingin Diinstal, Begini Langkahnya

3. Lokasi sekarang ditampilkan di bawah nama

Jika teman Anda membagikan lokasinya kepada Anda melalui aplikasi Cari Milik Saya, keberadaan mereka kini terintegrasi lebih dalam ke dalam Pesan.

Tepat di bagian atas setiap percakapan tempat Anda biasanya melihat nama dan foto kontak, Anda akan melihat lokasinya dalam teks kecil.

Itu hanya menyebutkan kota dan negara bagian, tetapi menawarkan sekilas di mana teman Anda berada saat Anda mengirim pesan kepada mereka.

Tentu saja, Anda masih dapat mengetuk nama kontak di sana untuk memunculkan kartu kontak, yang memberikan rincian lebih lanjut tentang lokasi orang tersebut, termasuk peta dan petunjuk arah mengemudi.

4. Buat stiker sendiri dari sebuah foto

Tentu akan memicu gelombang meme berikutnya di tahun-tahun mendatang, kini Anda dapat membuat stiker iMessage sendiri dari perpustakaan foto Anda.

Fitur Visual Look Up yang diperbarui di iOS 16 memungkinkan Anda menghapus subjek dari latar belakang iPhone Anda. iOS 17 menambahkannya dengan memungkinkan Anda membuat stiker seru yang dapat Anda kirim ke teman di Pesan. 

Sebagai bonus, jika Anda menggunakan Live Photos di iPhone, secara otomatis akan berubah menjadi stiker animasi seperti GIF.

Untuk membuat stiker foto ini, buka percakapan Pesan, ketuk ikon plus (+) di sebelah bidang teks, dan pilih Stiker. Arahkan ke ikon kategori pertama, yang terlihat seperti stiker kosong yang terlipat. 

Ketuk Stiker Baru untuk memilih foto, dan Pesan akan secara otomatis memotong subjeknya dan membuat stiker untuk dikirim kapan pun Anda mau.

5. Pesan audio sekarang transkrip secara otomatis

Jika Anda mengirim atau menerima pesan audio di iMessage, Anda akan melihat pesan tersebut secara otomatis menampilkan transkripsi di iOS 17.

iPhone Anda mungkin memerlukan beberapa saat setelah pesan audio muncul, tetapi teks lengkapnya ditampilkan dalam gelembung pesan yang sama.

Ini mungkin tidak selalu benar-benar akurat, tetapi ia melakukan pekerjaan transkripsi yang cukup baik dan menyediakan cara mudah untuk membaca pesan audio saat Anda tidak berada di tempat di mana Anda dapat mendengarkannya.

Baca Juga: Anda Baru Saja Membeli iPhone Baru? Simak 8 Hal yang Harus Dilakukan

6. Check In untuk memberitahu teman saat Anda tiba

Check In adalah fitur iMessage baru di iOS 17. Anda dapat mengatur fitur ini dengan kontak dan memberi tahu mereka saat Anda tiba di rumah atau di tujuan. Ini luar biasa bagi mereka yang terus-menerus lupa memberi tahu teman dan keluarga kapan kita tiba dengan selamat.

Untuk mengatur Check In, ketuk ikon plus (+) di percakapan iMessage dan ketuk Check In. Di sini, Anda dapat mengatur Check In Anda untuk mengirimkan notifikasi secara otomatis berdasarkan lokasi Anda atau setelah waktu yang ditentukan. 

Jika Anda memilih Check In berbasis waktu, Anda akan diminta setelah durasi yang Anda tetapkan untuk memberi tahu orang tersebut bahwa Anda telah tiba.

Anda memiliki waktu 15 menit untuk menanggapi pemberitahuan tersebut; jika tidak, penerima akan mendapat pemberitahuan bahwa Anda tidak merespons. Apple juga memberi Anda kontrol yang lebih baik atas data lokasi yang Anda bagikan dan dengan siapa.

Itulah beberapa fitur aplikasi pesan tersembunyi yang ada di iOS 17. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News