Keluarga

3 Hal Ini Bisa Bikin Anda Hidup Lebih Bahagia Lo!

3 Hal Ini Bisa Bikin Anda Hidup Lebih Bahagia Lo!

MOMSMONEY.ID - Semakin dewasa rasanya mendapatkan kebahagiaan jadi sesuatu yang sulit. Tenang! 3 hal ini bisa bikin Anda lebih bahagia lo!

Hidup memang tidak akan pernah lepas dari masalah. Namun demikian juga dengan kebahagiaan. Anda masih tetap bisa merasa bahagia di tengah kerasnya hidup. 

Baca Juga: Mudah, Intip Cara Cek Tagihan Listrik Token dan Pascabayar untuk 12 Bulan Terakhir

Melansir Woman and Home, mendapatkan kebahagiaan juga membutuhkan usaha lo Moms! Yuk simak apa saja hal yang bisa bikin hidup Anda lebih bahagia. 

Mengurangi konsumsi kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein akan sangat mempengaruhi perasaan bahagia Anda lo!

Kafein bisa menyebabkan perasaan cemas karena menghambat neurotransmiter adenosin dan GABA. Keduanya adalah dua hal yang membuat Anda merasa tenang, rileks dan mengantuk. 

Jika neurotransmitter ini terhambat, Anda sering merasa terikat, tegang dan cemas. Namun memang hal ini tidak dirasakan oleh semua orang. Beberapa orang memiliki sistem metabolisme yang baik untuk mengolah kafein yang masuk ke dalam tubuh. 

Tidur dengan kualitas yang baik
Jika Anda mencari hal yang bisa membuat hidup lebih bahagia, mulai dengan rutinitas tidur Anda. Banyak orang menemukan bahwa tidur malam minimal 8 jam dan mempelajari cara tidur berkualitas dapat memperbaiki suasana hati mereka. 

Rasa lelah dari tidur sangat larut, bangun sangat pagi atau terbangun di malam hari memberikan efek samping yang buruk. Mulai dari gangguan pengambilan keputusan, kemurungan hingga respon yang lebih lambat. Semua hal ini tentunya merusak kesehatan mental kita. 

Penelitian yang dilakukan King’s College London juga menjelaskan jadwal tidur bisa berdampak pada area tubuh lainnya. Tidur di waktu yang sama setiap harinya dapat menjaga kesehatan usus. Adapun usus yang terdiri dari kerongkongan, lambung dan usus bertanggungjawab untuk memproduksi lebih dari 90% serotonin yang memberikan perasaan bahagia pada kita. 

Baca Juga: Hati-Hati Bisa Iritasi Sampai Jerawatan, Ini Sederet Efek Samping Waxing untuk Kulit

Menghabiskan waktu di alam
Cara selanjutnya yang bisa bikin Anda merasa lebih bahagia adalah menghabiskan waktu di alam. Yap! alam terbuka memiliki banyak keuntungan secara psikologis seperti mengurangi kecemasan dan stres. 

Saat berada di alam, otak kita memproduksi neurotransmiter yang meningkatkan suasan hati seperti dopamin dan serotonin. Hal ini pasti meningkatkan relaksasi dan mendorong perasaan pemulihan dan kesehatan mental.

Jika Anda merasa konsentrasi Anda mudah terganggu dan membuat Anda frustasi, maka pergilah keluar. Berada di lingkungan alam yang hijau ternyata juga efektif meningkatkan konsentrasi Anda dan meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan. 

Jalan-jalan, berenang atau bersepeda di luar juga bisa menjaga kesehatan Anda. Kita menghirup zat-zat yang bisa meningkatkan imun tubuh yang dikeluarkan oleh pepohonan dan tanaman di alam. Ini meningkatkan sel pembunuh bakteri dan virus alami di tubuh kita. Imun yang bagus memberikan perasaan bahagia pada Anda!

Demikian hal-hal yang bisa membuat hidup Anda merasa lebih bahagia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News